Skripsi

Hubungan antara Tingkat Pengetahuan terhadap Prevalensi Masalah Kesehatan Respirasi pada Penghuni Rumah Susun di Jakarta. = Relationship between Knowledge Level with Prevalence of Respiratory Health Problem in Flats Occupants in Jakarta.

Pendahuluan: Masalah kesehatan respirasi merupakan salah satu gangguan kesehatan dengan prevalensi cukup tinggi di dunia. Penyebabnya erat kaitannya dengan perilaku merokok. Selain itu, tingkat pengetahuan, sikap, perilaku serta lingkungan juga berperan serta. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan prevalensi masalah kesehatan respirasi pada penghuni rumah susun di Jakarta. Metode: Desain penelitian yang dipilih ialah cross-sectional. Data diperoleh dengan mengisi kuesioner yang ditanyakan melalui wawancara. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2012 dengan melibatkan 120 responden. Data yang dikumpulkan akan diuji dengan chi-square dan fisher untuk melihat nilai probabilitas (p). Hasil: Sebanyak 36% responden pernah mengalami masalah kesehatan respirasi dan 64% lainnya menunjukkan status kesehatan respirasi yang baik. Tingkat pengetahuan responden didapatkan 40,8% dengan pengetahuan di bawah rata-rata dan 59,2% dengan pengetahuan di atas rata-rata. Tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan status kesehatan respirasi (p=0,879). Kesimpulan: Prevalensi masalah kesehatan respirasi pada penghuni rumah susun di Jakarta ialah 36% Tingkat pengetahuan tidak memiliki hubungan dengan masalah kesehatan respirasi.
Kata Kunci: Masalah kesehatan respirasi, Tingkat pengetahuan, Rumah susun, Jakarta.


Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Veronika Cahya Wijaya - Nama Orang
Elisna Syahruddin - Nama Orang

No. Panggil
S13198fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xi, 54 hlm., lamp. 2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13198fkS13198fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Tingkat Pengetahuan terhadap Prevalensi   Masalah Kesehatan Respirasi pada Penghuni Rumah Susun di Jakarta. = Relationship between Knowledge Level with Prevalence of Respiratory Health Problem in Flats Occupants in Jakarta.

Related Collection